Perkembangan lingkungan bisnis dan kemajuan teknologi yang terjadi sangat pesat selama dekade terakhir dan telah menghasilkan persaingan bisnis yang lebih ketat. Kondisi ini membutuhkan banyak kesiapan dari sebuah perusahaan untuk menghindari tersapu akibat perubahan yang terjadi. Sebagai perusahaan yang dinamis, Waskita selalu siap beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dari waktu ke waktu.
Dalam menanggapi perubahan yang terjadi di dunia bisnis saat ini, komitmen kita, ”Perubahan menjadi lebih baik”, telah melekat pada diri batin setiap manusia di Waskita. Kami memahami bahwa perbaikan dan inovasi dalam setiap aspek perusahaan sangat penting. Berbagai upaya saat ini sedang dalam implementasi untuk peningkatan sistem dan peningkatan kompetensi, termasuk:
Organisasi Restrukturisasi
Restrukturisasi adalah salah satu dari tiga tahapan utama (Restrukturisasi – Pembuatan Laba – Privatisasi) dalam strategi pengembangan perusahaan. Implementasi Restrukturisasi mencakup beberapa aspek termasuk Restrukturisasi Organisasi. Organisasi Restrukturisasi memiliki dasar untuk membedakan fungsi pemasaran dan produksi, sehingga masing-masing dapat lebih berkonsentrasi terhadap tugas dan tanggung jawab mereka. Setelah beroperasi selama tiga tahun, struktur baru ini telah terbukti berhasil memperbaiki kinerja perusahaan dalam hal penjualan, keuntungan dan penetrasi pasar.
Tata Kelola Perusahaan yang Baik
Dalam menjalankan seluruh kegiatan perusahaan, Waskita selalu menggunakan standar GCG sebagai pedoman dasar yang berfokus pada lima (5) prinsip: transparansi, akuntabilitas, independensi, tanggung jawab dan kewajaran. Pada tahun 2004. Direksi Waskita telah menetapkan panduan GCG yang komprehensif sebagai pedoman bagi seluruh manusia di Waskita dalam menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari mereka dengan integritas yang didasarkan pada prinsip-prinsip GCG. Sebagai konsekuensi penerapan GCG, dibentuk Komite Auditor yang dipimpin oleh seorang komisaris independen. Penerapan GCG selalu menjadi dasar dalam setiap diskusi dan proses pengambilan keputusan, di semua tingkat perusahaan.
Indikator Kinerja Utama
Semua hal terkait KPI yang diidentifikasi di awal tahun dimasukkan dalam target perusahaan yang akan dievaluasi pada akhir tahun. Parameter KPI Key Waskita meliputi: Parameter Operasional (berbobot 50%), Parameter Keuangan (tertimbang 35%) dan Dynamic Parameter (tertimbang 15%). Setiap parameter memiliki nilai sendiri yang akan dipertimbangkan secara tepat berdasarkan bobotnya yang sesuai.
Pengembangan Sumber Daya Manusia
Kebutuhan akan kegiatan proyek dan pengembangan perusahaan selalu menjadi dasar pembuatan atau program yang ditujukan untuk pengembangan sumber daya manusia. Untuk memenuhi persyaratan sumber daya manusia yang profesional, Waskita telah menerapkan program seperti: rekrutmen, pendidikan & pelatihan, sertifikasi profesional, peningkatan kesejahteraan karyawan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen (SIM).
Sertifikasi Kesehatan & Keselamatan Kerja (OHSAS 18000)
Selain sertifikasi ISO 2001: 2000 sejak tahun 1985, Waskita telah berhasil memperoleh sertifikat keselamatan dan kesehatan kerja yang lain (OHSAS 18001) pada tanggal 20 Juli 2005. Kepatuhan OHSAS ini tidak hanya dituntut oleh pengguna, namun berfungsi sebagai simbol komitmen Waskita. dalam memperbaiki sistem pengelolaannya untuk implementasi lingkungan kerja kesehatan dan keselamatan kerja. Pada tahun 2006, Waskita telah mencapai sertifikasi kesehatan dan keselamatan lainnya dari ISO 14000:2004.
Sistem Pengarsipan Elektronik (EFS)
Implementasi EFS adalah penerapan Sistem Informasi Manajemen Dokumentasi Elektronik Waskita yang akan mengarah pada sistem tanpa kertas. Ini adalah sistem dokumentasi elektronik yang bertujuan untuk mengamankan dan memelihara dokumen perusahaan di server Waskita dan CD cadangan di Kantor Pusat dengan menggunakan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Selain keamanan dan penggunaan ruang penyimpanan untuk arsip, sistem dokumentasi elektronik ini diharapkan dapat memperbaiki sistem korespondensi kami.
Pengadaan Elektronik (E-Procurement)
Tujuan E-Procurement adalah untuk menciptakan proses pengadaan yang lebih cepat, efisien, transparan dan terintegrasi untuk mengurangi biaya operasional, terutama dalam pelaksanaan proyek. Secara umum, E-Procurement diharapkan dapat menghasilkan nilai tambah dan meningkatkan efisiensi terhadap daya saing perusahaan.
Manajemen Risiko
Secara umum, jasa konstruksi merupakan usaha yang melibatkan risiko tinggi. Dengan nilai kontrak yang diselesaikan sebelum proses produksi, perusahaan sering dihadapkan dengan ketidakpastian. Manajemen risiko merupakan bagian dari sistem manajemen Waskita yang dirancang untuk mengantisipasi dan mengendalikan potensi risiko. Praktek Manajemen Risiko mencakup seluruh tingkat perusahaan dari Kantor Pusat ke proyek, dan mencakup keseluruhan fungsi perusahaan seperti pemasaran, penganggaran, produksi, keuangan dan sumber daya manusia.
Sistem Peringatan Dini
EWS adalah salah satu fungsi pengendalian Proses Bisnis Waskita dan merupakan bagian dari sistem terpadu yang menerapkan Manajemen Risiko. EWS disusun secara menyeluruh dan pada saat yang sama menjalankan sistem kontrol yang ditetapkan dalam peraturan perusahaan. Diharapkan EWS dapat memberikan deteksi dini dan mengidentifikasi kemungkinan upaya antisipasi terhadap penyimpangan yang mungkin terjadi.
Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCFPE)
Penerapan Kriteria Malcolm Baldrige for Performance Excellence (Malcolm Baldrige) telah dilakukan untuk memperkuat daya saing Waskita di lingkungan bisnis yang lebih menantang saat ini. Berbagai upaya sedang dalam proses melalui penggunaan pendekatan terpadu untuk peningkatan kinerja dan manajemen. Tujuan penerapan Malcolm Baldrige adalah untuk memberikan nilai yang terus meningkat kepada pelanggan, meningkatkan efektivitas dan kemampuan organisasi secara keseluruhan dan untuk menciptakan pembelajaran organisasi dan pribadi.